Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Jengkol terkenal dengan bau yang khas dan menyengat setelah memakannya. Mulut yang bau akan mengganggu orang di sekitarnya, Selain bau mulut, bau pada jengkol akan menjalar ke semua saluran pembuangan tubuh.  Seperti fases, keringat maupun urin.
Untuk mengurangi bau pada jengkol dapat merebus atau merendamnya sebelum dimakan. Pete dan jengkol lalapan yang tampak nikmat dengan nasi panas dan sambal yang pedas. Jengkol bisa direbus agar lebih enak. Selain itu dapat diolah menjadi masakan, semur, gulai dan lainnya. Jengkol saat sudah dikembangkan menjadi camilan keripik jengkol.

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Dibalik semua itu jengkol memiliki bahaya dan manfaat. Jengkol mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Antara lain mengandung vitamin B, C, A, karbohidrat, dan protein.
Jengkol juga kaya dengan mineral seperti saponin, tannin, steroid, zat besi, alkaloid, glikosida kalsium, fosfor, zat besi, steroid, saponin, glikosida, alkaloid dan fosfor. Selain itu mengandung serat tinggi dan mengandung minyak atsiri. Jengkol juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menangkal diabetes.

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Berikut bahaya jengkol dan manfaat untuk kesehatan.

1.Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jengkol memiliki antioksidan tinggi yang dapat melancarkan peredaran darah dan mengatasi radikal bebas. Mengkonsumsi jengkol bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

2.Mengontrol Kadar Gula Darah
Jengkol memiliki senyawa aktif berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

3.Menangkal Anemia dan Meningkatkan Stamina
Jengkol mengandung zat besi tinggi dapat meningkatkan stamina dan menangkal anemia.

4.Menurunkan Berat Badan
Mengandung serat tinggi dan dapat mengatasi lemak serta membakar energi pada tubuh sehingga dapat dalam menurunkan berat badan.

5.Mencegah Bayi Lahir Cacat
Jengkol baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Mengandung kalsium dan asam folat bermanfaat melindungi pembentukan organ janin
dan mencegah bayi lahir cacat.

Bahaya Yang Dapat Diketahui Saat Mengkonsumsi Jengkol
Asam jengkol mengandung racun pada orang yang memakan dan berisiko mengalami keracunan. Gejala yang muncul pada orang yang mengalami keracunan antara lain gagal ginjal akut,  retensi urin dan kejang otot. Keracunan asam jengkol pada umumnya dialami laki – laki.

Asam jengkol tidak mudah larut dalam air. Dapat menyebabkan gangguan saluran kencing dengan menumpuknya kristal. Makan jengkol sebaiknya jangan berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *