Kryziu Kalnas Bukit Sejuta Salib Lithuania

Kryziu Kalnas dan lebih di kenal sebagai sebutan Hill of Crosses Bukit Sejuta Salib Lithuania, Kryziu Kalnas adalah situs sejarah kebanggaan miliki negara Lithuania tersebut.

Kryziu Kalnas Bukit Sejuta Salib Lithuania

Kryziu Kalnas Bukit Sejuta Salib Lithuania

 

Situs unik tersebut terletak 12 km di sebelah utara kota Siauliai, negara Lithuania Utara juga menjadi salah satu destinani Ziarah favorit untuk umat Kristiani di dunia. Sama dengan namanya Kryziu Kalnas, di bukit kecil itu dipenuhi banyak berbagai salib dan tertancap di hampir setiap bagian dari bukit tersebut. Walaupun terbilang untuk tempat yang sangat terkenal di Lithuania namun tidak di ketahui secara pasti sejak kapan bukit itu  mulai di penuhi dengan salib yang menancap. Dalam sejarah mengenai bukit dan sekarang diperkirakan mempunyai lebih dari 100.000 salib tertancap itu sendiri dapat dibilang cukup samar asal usulnya. Tetapi  salah satu cerita yang paling populer merupakan cerita berasal dari abab ke 13 saat itu, dan saat itu masyarakat Lithuania masih menganut kepercayaan pangan pokok, kemudian membakar sebuah gereja yang berada di Kryziu Kalnas tersebut. Selesai peristiwa itu, pada bekas arena pembakaran tersebut menjadi semacam simbol peringatan juga orang mulai banyak yang datang menuju Hill of Crosses dengan membawa salib juga meletakanya pada bukit tersebut.

Kryziu Kalnas juga menjadi saksi saat  pemberontakan terhadap Uni-Soviet dan terjadi di tahun 1831 juga 1863 saat itu. Setelah itu para peziarah semakin banyak mendatangi Hill of Crosses untuk lambang perlawan pada rezim komunis soviet. Sebab dan akibat hal itu rezim Komunis yang berkuasa saat itu pernah mencoba agar meratakan bukit tersebut sebanyak 3 kali juga bahkan membuat parit agar menghentikan gelombang orang yang akan datang kesana. Tetapi segala usaha itu berakhir percuma dikarenakan orang-orang tetap berdatangan menuju tempat tersebut, dan dissat pada era tersebut penanaman salib adalah tindak kejahatan serius dan dapat dihukum secara berat juga dapat mendapatkan siksaan yang menyakitkan. Namun baru pada tahun 1991 seusai Uni Soviet hancur Hill of Crosses diresmikan menjadi salah satu tempat situs sejarah untuk kebanggan masyarakat Lithuania tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *