7 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kencur merupakan tanaman yang berasal dari jenis jahe, dan merupakan tergolng juga sebagai jenis tanaman obat tradisional yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

7 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

7 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kencur bukan hanya bermanfaat pada bagian rimpangnya saja, namun dari daun ponon kencur tersebut juga dapat memiliki manfaat untuk kesehatan. Kencur dapat diolah menjadi ekstrak serbuk dan dapat juga diolah menjadi minyak. Berikut ini beberapa manfaat kencur yang dapat diketahui manfaatnya untuk kesehatan :

1.Relaksasi

Ekstrak kencur dapat memberikan manfaat menenangkan dan menjadi aroma terapi untuk relaksasi.  Selain itu dapat mengurangi stres, juga dapat mengatasi depresi. Konsumsi ekstrak kencur tersebut dengan rutin  agar dapat mafaat relaksasi yang baik.

2. Menambah nafsu makan

Kencur dapat dijadikan jamu dicampur dengan beras, gula merah dan asam jawa kemudian konsumsi jamu beras kencur tersebut agar nafsu makan dapat bertambah dengan baik. Selain itu dapat memberi manfaat menambah sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

3. Mengobati diare

Kencur mengandung zat antibakteri juga sitotoksik yang baik untuk mengobati diare. Kencur juga dapat mengurangi gejala sakit perut seperti mulas atau kembung. Konsumsi kencur dengan teratur dengan cara menghaluskannya kemudian tambahkan air secukupnya lalu rebus dan minum sari kencur tersebut untuk mengobati diare.

4. Mengatasi nyeri

Kencur dapat mengatasi nyeri pada sendi, perut juga kepala. Konsumsi kencur secara rutin maka rasa nyeri tersebut dapat diatasi dengan kencur tersebut. Selain dapat digunakan sebagai minuman, kencur juga dapat dijadikan obat gosok untuk meredakan nyeri tersebut.

5. Anti radang

Kencur mempunyai sifat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi masalah radang seperti pembengkakan, demam juga rematik. Konsumsi ektrak kencur atau dapat dengan diolah menjadi minuman kencur dapat dijadikan obat radang tersebut.

6. Mengobati batuk

Kencur dapat menjadi obat alami bagi penderita batuk. Campurkan kencur halus bersama sedikit garam dan tambahkan air secukupnya kemudian rebus lalu konsumsilah air rebusan tersebut untuk meredakan batuk berdahak.

7. Manfaat untuk kulit

Kencur dapat mengobati masalah kulit seperti alergi atau juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka. Selain dapat dijadikan obat untuk penyakit kulit, kencur juga dapat dijadikan manfaat untuk kesehatan kulit, dapat mengurangi keriput, mengencangkan kulit juga mencegah terjadinya masalah penuaan dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *